Ads 468x60px

31 Oktober, 2012

Tips Menyusun BAB 1: Latar Belakang, Rumusan Masalah, dll

Pada penyusunan Karya Tulis Ilmiah baik itu berupa Laporan KTI dan Skripsi seringnya kali yang menjadi kendala awal adalah Penyusunan Latar Belakang pada Bab 1. Sering kali penulis maupun mahasiswa bingung untuk memulai dari mana dalam penyusunan latar belakang masalah.

Latar Belakang Masalah merupakan hal pokok utama dari pertanyaan kenapa anda tertarik untuk mengambil judul penelitian anda?, alasan anda mengambil judul?, alasan anda mengambil objek penelitian atau variabel penelitian?, alasan kenapa anda mengambil tempat penelitian?.

Berdasarkan dari beberapa pertanyaan tersebut maka saya dapat memberikan Tip's Penyusunan Latar Belakang Masalah antara lain (menurut saya lho ini..!: maaf kalau masih kurang memuaskan :D). Ok....langsung saja kita mulai Tip's mudah-mudah dapat membantu anda dalam memulai KTI dan Skripsi Anda:
  1. Tips pertama adalah bacalah bismillah sebelum memulai kata pertama anda...! (penting :D)
  2. Selanjutnya anda lihat kembali Judul yang telah anda buat dan di ACC oleh pembimbing, karena penyusunan latar belakang semua bersumber dari judul yang telah anda ajukan...!
  3. Pada sebagian besar Instutusi pendidikan dan panduan penulisan karya ilmiah yang umum digunakan hampir semuanya menampilkan Prolog atau pendahuluan pada paragraf pertama dari latar belakang masalahnya. Mulailah menyusun prolog yang menarik pembaca terutama pembimbing untuk melanjutkan membaca latar belakang anda pada paragraf selanjutnya. Prolog seharusnya mengandung kalimat-kalimat yang memperkenalkan masalah yang akan anda angkat dalam penelitian. Prolog sebagai pembuka latar belakang dimaksudkan untuk memperkenalkan masalah yang akan anda angkat. Buatlah kalimat yang menyatakan bahwa masalah anda memang layak untuk diteliti cantumkan sedikit fenomena yang terjadi di masyarakat mengenai masalah yang akan anda teliti secara umum. Contoh kalimatnya antara lain: Di Indonesia masalah ........merupakan masalah nasional yang menjadi perhatian pemerintah untuk.......bla...bla.......(sesuaikan dengan masalah yang anda ambil, dst....:D). Triks: Anda tentu masih bingung dengan penjelasan di atas karena anda tetap pusing untuk mengetik kata pertamanya khan......:D. Berikut Trik's nya agar anda tidak membuang waktu dengan bengong di depan komputer memikirkan huruf pertama yang akan anda ketik....). Untuk mempercepat kerja anda mengetik prolog di awal paragraf latar belakang anda berikut trik kilatnya:......he...he...he.....: 1) Buka buku teori yang mengandung pokok bahasan yang akan anda angkat misalnya tentang ASI maka bukalah buku tentang ASI (he..he..he...) kemudian perhatikan prolog atau pra kata dari buku tersebut, biasanya ada kalimat-kalimat yang dapat anda kutip sebagai prolog anda atau bacalah pada bagian PENDAHULUAN dari Sub Pokok Bahasan yang ada di dalam buku, dan cari kalimat yang kira-kira mewakili masalah anda. 2) Trik kedua adalah cobalah browsing di internet tentang masalah yang akan anda angkat biasanya dalam bentuk artikel maupun berita yang berkaitan dengan masalah yang anda angkat. )Triks ketiga merupakan Trik pamungkas adalah coba anda cari Jurnal, KTI, atau Skrpsi yang mengangkat masalah yang sama dengan masalah yang akan anda angkat kemudian lihat kalimat-kalimat pada paragraf pertamanya kemudian langsung copy dan paste aja....gampang khan...... tapi ingat perhatikan dulu isi tulisan apabila mengandung informasi mengenai waktu, tempat dan angka.....sebaiknya anda sesuaikan dengan masalah anda...jangan asal copy paste ya...............
  4. Setelah Prolog anda jadi maka langkah selanjutnya adalah menyusun masalah pokok dari penelitian anda. Bagian ini merupakan bagian yang tersulit di latar belakang masalah....(tapi tenang......ada triknya juga.......he..he...). OK mari kita mulai Tipsnya terlebih dahulu........ pertama-tama mulailah anda cari data-data mengenai angka yang menyangkut pokok masalah pada judul anda. Data-data yang dimaksud disini adalah angka kejadian yang ada mulai dari angka kejadian yang tertinggi yaitu di Dunia, Indonesia..., Propinsi...., Kabupaten....., Kecamatan......, Kelurahan..... sampai dengan tempat anda melakukan penelitian...(ini yang saya maksud bagian tersulit). Untuk data dunia dapat anda cari melalui browsing diinternet di situs-situs dunia yang menyediakan data publikasi misalnya untuk bidang kesehatan yaitu situs WHO, UNICEF,... dan lain-lain. Untuk data Indonesia dapat dicari dari situs Depkes, BKKBN, BPS, dan lain..lain. Untuk data provinsi bisanya ada juga dari situs-situs yang berskala nasional atau situs-situs yang dibuat oleh instansi-instansi daerah/provinsi, begitu pula untuk data kabupaten dan kecamatan, sedangkan untuk data di lokasi penelitian dapat anda peroleh dengan melakukan pra survey awal di lokasi penelitian atau sumber informasi lain yang berada di lokasi penelitian anda. Masukkan keseluruhan data yang anda peroleh sehingga membentuk susunan data yang biasa disebut sebagai "PIRAMIDA TERBALIK".
  5. Jika data sudah lengkap selanjutnya anda dapat memasukkan data-data teori sesuai dengan pokok masalah anda yang menjelaskan tentang dampak, penyebab  dan data pendukung. masukkan teori-teori tentang dampak yang ditimbulkan dari masalah yang akan anda teliti serta penyebab dari masalah tersebut sehingga masalah tersebut layak untuk diangkat kedalam suatu penelitian. Masukkan teori tentang faktor-faktor yang berkaitan dengan masalah yang anda angkat, teori tentang dampak-dampak yang mungkin timbul serta teori penyebab masalah anda..
  6. Setelah itu anda dapat melanjutkan ke bagian paragraf yang membahas tentang penelitian-penelitian terkait yang mengangkat masalah yang sama dengan masalah yang anda angkat, jangan lupa untuk menyertakan hasil-hasil dari penelitian mereka.
  7. Selanjutnya masuk ke paragraf bagian alasan anda mengambil lokasi penelitian yang biasanya berisi data-data hasil survey pendahuluan anda yang meliputi data berdasarkan "alasan waktu" atau "alasan tempat". Alasan waktu disini adalah data mengenai peningkatan angka kejadian dari waktu ke waktu atau kejadian tiap tahunnya, sedangkan alasan tempat yaitu perbandingan data yang ada di lokasi penelitian anda dengan lokasi lain yang ada di sekitar lokasi penelitian anda, misalnya antar desa, antar puskesmas, antar BPS sesuai dengan lokasi yang anda jadikan lokasi penelitian.
  8. Setelah tersusun semua maka 90% latar belakang anda sudah hampir selesai tinggal anda berikan kalimat penguat alasan anda mengambil judul yang akan anda teliti. misalnya......."Berdasarkan fenomena data dan latar belakang diatas maka penulis tertarik untuk mengambil judul....................................." (gampang kan...? :D)
  9. Selanjutnya menyusun Rumusan Masalah dengan cara mengambil kesimpulan dari keseluruhan latar belakang ke dalam kalimat singkat yang menyebutkan judul penelitian anda dengan ditambahkan kalimat tanya seperti: "bagaimanakah....., apakah ........, Apa saja ...dan lain-lain sesuai dengan jenis penelitian anda. Pada rumusan masalah ini pada bagian awal dapat ditambahkan dengan identifikasi masalah yang berasal dari rangkuman data yang tercantum dalam piramida terbalik serta teori pendukung.
  10. Langkah selanjutnya saya rasa sudah tidak terlalu sulit karena dapat mengikut pandungan yang ada dalam buku Panduan penulisan ilmiah dari masing-masing instansi  tempat anda menentu ilmu seperti tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan ruang lingkup penelitian
  11. Tra la..la Tri li..li.................................... akhirnya BAB I anda terselesaikan dengan baik dan anda siap untuk melangkah ke BAB selanjutnya yaitu  BAB II Landasan Teori....
  12. Tips terakhir adalah jangan lupa membaca hamdalah........
Demikianlah Tips dari saya berdasarkan pengalaman dari penyusunan karya tulis ilmiah semoga bermanfaat meskipun saya menyadari masih banyak kekurangan disana sini..........mudah-mudahan bisa membantu......untuk sukses tidaknya BAB I anda tergantung keberuntungan anda dalam proses konsultasi........ mudah-mudahan anda tidak dapat dosen pembimbing "KILLER".  he...he....

Tunggu tips dan trik kami selanjutnya.....

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Fans Page