Ads 468x60px

29 Desember, 2009

Gambaran Pengetahuan Primipara Terhadap Perkembangan Bayi 0-1 Tahun Di Kelurahan

Memiliki anak sehat dan cerdas adalah dambaan setiap orang tua, untuk mewujudkan tentu saja orang tua harus selalu memperhatikan, mengawasi dan merawat anak secara seksama, khususnya memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan. Di Kelurahan Tanjung Raya terdapat 7 dari 12 primipara yang memiliki bayi 0-1 tahun lebih memfokuskan pada perkembangan motorik kasar saja dan mereka beranggapan bahwa bila anaknya dapat berjalan sebelum waktunya maka nantinya anak itu akan pintar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengetahuan primipara terhadap perkembangan bayi 0-1 tahun di Kelurahan Tanjung Raya Kecamatan Tanjung Karang Timur bulan April-Mei 2006. Subjek pada penelitian ini adalah ibu yang memiliki bayi 0-1 tahun di Kelurahan Tanjung Raya. Adapun objek yang menjadi penelitian itu adalah pengetahuan primipara terhadap perkembangan bayi 0-1 tahun.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu primipara yang memiliki bayi 0-1 tahun di Kelurahan Tanjung Raya sebanyak 43 orang. Pengumpulan data menggunakan angket dan pengukuran variabel dengan skala nominal. Kemudian dilakukan pengolahan data melalui tiga tahap yaitu editing, coding dan tabulating. Dan analisa data dengan tehnik analisa data univariat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan primipara terhadap pengertian perkembangan yang termasuk dalam kategori baik (37,20%) dan kurang (62,80%), tahap perkembangan perilaku sosial yang termasuk dalam kategori baik (44,19%) dan kurang (55,81%), tahap perkembangan kecerdasan emosional yang termasuk dalam kategori baik (55,81%) dan kurang (44,19%), tahap perkembangan kemampuan bahasa yang termasuk dalam kategori baik (51,16%) dan kurang (48,845), serta tahap perkembangan kemampuan motorik bayi 0-1 tahun didapatkan hasil yang baik (34,89%) dan yang kurang (65,11%).

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan primipara terhadap perkembangan bayi 0-1 tahun didapatkan hasil yang baik sebesar 44,65%. Dan yang kurang sebesar 55,35%.





Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Fans Page