Ads 468x60px

20 Juli, 2015

Gambaran Kejadian Balita Dengan Berat Badan Dibawah Garis Merah (BGM)

World Health Organization (WHO) Secara global mengungkapkan bahwa proporsi anak balita yang kekurangan berat badan menurun 10% antara tahun 1990 dan 2013, dari 25% menjadi 15%. Secara nasional, prevalensi berat kurang pada tahun 2013 adalah 19,6%, terdiri dari 5,7% gizi buruk dan 13,9% gizi kurang. Jika dibandingkan dengan angka prevalensi nasional tahun 2007 (18,4 %) dan tahun 2010 (17,9 %) terlihat meningkat. Prevalensi gizi kurang naik sebesar 0,9% dari 2007 dan 2013. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui gambaran kejadian Balita dengan Berat Badan di Bawah Garis Merah. Adapun variable dalam penelitian ini diantaranya pendidikan, tingkat ekonomi dan pengetahuan orang tua yang memiliki balita dibawah garis merah (BGM).

Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh keluarga yang mempunyai balita dengan berat badan dibawah garis merah (BGM) sebanyak 21 responden. Pada sempel penelitian ini peneliti menggunakan data primer telah menggunakan sampel jenis total populasi yang berarti pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil data seluruh keluarga yang mempunyai balita dengan berat badan dibawah garis merah (BGM) sebanyak 21 responden. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang secara langsung diambil dari responden. Analisa univariat digunakan untuk menggambarkan masing-masing variabel bebas dan variabel terikat dengan menggukan tabel distribusi frekuensi mengenai Gambaran Kejadian Balita dengan Berat Badan di Bawah Garis Merah (BGM).

Berdasarkan hasil penelitian  didapatkan bahwa dari 21 responden yang mempunyai balita dengan berat badan dibawah garis merah (BGM) pada kategori pendidikan dasar sebanyak 15 responden (71,40%), ekonomi rendah sebanyak 13 responden (61,90%), dan pengetahuan cukup sebanyak 9 responden (42,90%).

Diharapkan bagi petugas kesehatan agar dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada ibu-ibu yang mempunyai balita agar dapat mengetahui pentingnya program gizi pada balita untuk mencegah terjadinya masalh gizi kurang.

Kata kunci : Balita diBawah Garis Merah (BGM) 
Daftar Pustaka : 19 (2000 – 2014)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Fans Page