Ads 468x60px

20 Juli, 2015

Hubungan Lama Penggunaan Kontrasepsi Depo Medroksi Progestron Asetat dengan Kenaikan Berat Badan Akseptor KB Suntik

Data statistik hasil estimasi jumlah penduduk pada tahun 2013 sebesar 248.422.956 jiwa. Jumlah penduduk di Indonesia meningkat dengan relatif cepat sehingga diperlukan kebijakan untuk mengatur atau membatasi jumlah kelahiran melalui penggunaan kontrasepsi. Salah satu kontrasepsi yang paling populer di Indonesia adalah kontrasepsi suntik namun penggunaannya tidak terlepas dari efek samping. Salah satu efek samping dari penggunaan kontrasepsi suntik khususnya DMPA adalah adanya kenaikan berat badan sejalan dengan lamanya penggunaan kontrasepsi.

Tujuan Penelitian ini yaitu adalah untuk mengetahui hubungan antara lamanya pemakaian alat kontrasepsi suntik dengan perubahan berat badan pada akseptor KB suntik. 

Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi yang digunakan adalah seluruh semua akseptor kontrasepsi suntik DMPA berjumlah 176 akseptor dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 123 akseptor dengan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara dan penimbangan berat, data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan teknik analisis univariat dengan persentasedan univariat dengan uji chi square. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 123 responden didapatkan  distribusi frekuensi lama penggunaan kontrasepsi suntik DMPA sebagian besar dengan lama penggunaan > 1 tahun sebesar 70,73%, mengalami kenaikan berat badan sebesar 83,74% dan hasil uji chi square hubungan lamanya pemakaian alat kontrasepsi DMPA dengan kenaikan berat badan pada akseptor KB suntik dengan p value: 0,002 dan OR: 4,938.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan lamanya pemakaian alat kontrasepsi DMPA dengan kenaikan berat badan pada akseptor KB suntik sehingga disarankan untuk meningkatkan konseling mengenai beberapa efek samping DMPA dan cara penanggulangan efek sampingnya pada saat akseptor memutuskan penggunaan salah satu jenis kontrasepsi 

Kata kunci : Lama Penggunaan Kontrasepsi DMPA, Kenaikan berat badan 

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI CONTOH ISI KTI TERSEBUT DENGAN CARA:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Fans Page