Ads 468x60px

20 Juli, 2015

Gambaran Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Tentang Kelas Ibu

Angka Kematian Ibu di Indonesia sampai saat ini masih cukup tinggi dan menjadi permasalahan pada tahun 2012 yaitu sebesar 359 per 100.000 kelahiran hidup menempatkan Indonesia sebagai negara dengan angka kematian ibu tertinggi di kawasan asia tenggara dan makin jauh dari target Millenium Development Goals (MDGs) 2015. Salah satu upaya pencegahannya dengan dilakukannya kelas ibu. Hasil pra survey dalam pelaksanaanya hanya 1 kali setiap bulannya dengan rata-rata hanya didatangi hanya 4-7 orang ibu hamil, jauh dari target sebesar 75%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang kelas ibu.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu hamil, berdasarkan data ibu hamil bulan Mei dan Juni tahun 2015, sampel diambil menggunakan tehnik total sampling dengan jumlah 64 responden. Data dikumpulkan menggunakan lembar kuisioner. Tehnik analisa data dengan persentase.

Hasil penelitian diperoleh pengetahuan ibu hamil tentang kelas ibu dengan kategori pengetahuan kurang 28 ibu (43,75%) dan sikap ibu hamil tentang kelas ibu dengan kategori yang tidak mendukung 33 ibu (51, 60%).

Kesimpulan penelitian bahwa adalah pengetahuan ibu kurang dan sikap tidak mendung terhadap kelas ibu. Berdasarkan hasil tersebut maka perlu meningkatkan meningkatkan upaya promosi kesehatan mengenai kelas ibu melalui kegiatan kemasyarakat seperti kegiatan posyandu, pengajian, arisan ibu-ibu, penyebaran leaflet ataupun poster yang berkaitan dengan manfaat kelas ibu.

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Kelas Ibu
Daftar Bacaan : 21 (2001-2015)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Fans Page