Ads 468x60px

20 Juli, 2015

Hubungan Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Kesehatan Reproduksi

Upaya untuk mengetahui bahwa proses pembelajaran sedah terlaksana dengan baik adalah dengan melakukan evaluasi atau penilaian. Penilaian bertujuan untuk mengetahui sejauh mana mahasiswa dapat menyerap materi perkuliahan yang dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh. Ada beberapa factor yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya adalah kecerdasan mosional dan motivasi belajar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Mata Kuliah Kesehatan Reproduksi pada Mahasiswa D III Kebidanan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional, yang dilakukan terhadap 51 mahasiswa Semester II Program Studi Kebidanan. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Data selanjutnya dianalisis menggunakan rumus chi square.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar yaitu sebanyak 60,8% (31) responden memiliki kecerdasan emosional yang baik. Sebagian besar sebanyak 66,7% (34) responden memiliki motivasi belajar yang tinggi. Dan sebagian besar hubungan signifikan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Kesehatan Reproduksi Semester II Diploma III Kebidanan Universitas Malahayati Bandar Lampung Tahun 2013 (Pvaleu=0,001<a=0,05). Ada hubungan signifikan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Kesehatan Reproduksi (Pvaleu=0,001<a=0,05).

Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar.
Kepustakaan : 17 (2001-2010) 

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI CONTOH ISI KTI TERSEBUT DENGAN CARA:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Fans Page