Ads 468x60px

07 Maret, 2011

Tanda dan Gejala Awal Kehamilan


Tanda dan gejala pada masing-masing wanita hamil berbeda-beda. Ada yang mengalami gejala-gejala kehamilan sejak awal, ada yang beberapa minggu kemudian, atau  bahkan  tidak  memiliki  gejala  kehamilan  dini.  Namun,  tanda  yang  pasti dari kehamilan adalah terlambatnya periode menstruasi.  Selain itu didapatkan tanda-tanda lain yaitu :
  1. Nyeri atau payudara yang terasa membesar, keras, sensitif dengan sentuhan, Tanda  ini muncul dalam waktu 1-2 minggu  setelah konsepsi (pembuahan). Dalam waktu 2 minggu setelah konsepsi, payudara seorang wanita hamil akan mengalami perubahan untuk  persiapan produksi ASI yang dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron.
  2. Mual  pagi  hari  (morning  sickness)  umum  terjadi  pada  triwulan  pertama. Meskipun disebut morning sickness, namun mual dan muntah dapat terjadi kapan saja selama kehamilan. Penyebab mual dan muntah ini adalah perubahan hormonal yang dapat  memicu  bagian dari otak  yang  mengontrol mual dan muntah. Gejala ini dialami oleh 75% wanita hamil.
  3. Mudah  lelah,  lemas,  pusing,  dan  pingsan  adalah  gejala  kehamilan  yang disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah dalam kehamilan atau kadar gula darah yang rendah.
  4. Sakit  kepala  pada  umumnya  muncul  pada  minggu  ke-6  kehamilan  yang disebabkan oleh peningkatan hormon.
  5. Konstipasi (sulit BAB) terjadi karena peningkatan hormon progesteron yang menyebabkan  kontraksi usus menjadi lebih pelan dan makanan lebih lambat melalui saluran pencernaan.
  6. Perubahan mood karena pengaruh hormon.
  7. Bercak  perdarahan.  Terjadi  ketika  telur  yang  sudah  dibuahi  berimplantasi (melekat) ke dinding rahim sekitar 10-14 hari setelah fertilisasi (pembuahan). Tipe perdarahan umumnya  sedikit, bercak  bulat, berwarna lebih  cerah dari darah haid, dan tidak berlangsung lama


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Fans Page