Ads 468x60px

01 Januari, 2013

Gambaran Hasil Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita dan Anak Prasekolah

Masih banyaknya balita di Indonesia yang mengalami gangguan tumbuh kembang  yaitu sekitar 11 sampai 14% anak pada tahun 2008, cakupan deteksi dini tumbuh kembang anak balita dan pra sekolah pada tahun 2007 di Profinsi Lampung sebesar 41,46% sedangkan target yang sudah ditetapkan untuk deteksi dini balita dan anak pra sekolah adalah 75%, hal ini menunjukan bahwa gangguan tumbuh kembang pada balita masih belum seperti yang diharapkan. PAUD Kartika merupakan salah satu PAUD yang belum pernah melakukan Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK) dan memiliki jumlah murid yang paling banyak dari 10 PAUD di Kecamatan Pagelaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hasil deteksi dini tumbuh kembang anak usia 3-5 tahun di PAUD Kartika Desa Gumukrejo Kecamat Pagelaran Kabupaten Tanggamus Tahun 2009.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, subjek penelitian ini adalah anak usia 3-5 tahun di PAUD kartika dengan populasi penelitian 30 anak. Objek penelitian ini adalah gambaran hasil deteksi dini tumbuh kembang anak usia 3-5 tahun di PAUD Kartika Desa Gumukrejo Kecamatan Pagelaran Kabupaten Tanggamus. Tehnik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampel jenuh sehingga semua populasi (30) anak di PAUD Kartika menjadi sampel penelitian. Pengukuran variabel penelitian ini dengan cara observasi menggunakan kuesioner pra skrining perkembangan, kuesioner perilaku, pengukuran berat badan menurut tinggi badan, serta lingkar kepala. Analisa data menggunakan analisa Univariat.
Hasil penelitian ini  menunjukan bahwa siswa di PAUD Kartika memiliki pertumbuhan berat badan yang normal sebesar 86,7%, tetapi masih terdapat 10% siswa yang tergolong gemuk dan  3,3% siswa yang tergolong kurus. Ukuran lingkar kepala normal yaitu 100%, perkembangan anak dengan hasil 6,7% masih memiliki perkembangan yang tidak normal dan 93,3% normal, perilaku yang  normal yaitu sebanyak 93 % dan 6,7% tidak normal.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti, dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan dan perkembangan di PAUD Kartika dalam keadaan normal walaupun masih terdapat sedikit kesenjangan yaitu dari pertumbuhan berat badan menurut tinggi badan, perkembangan dan perilaku anak, namun untuk lingkar kepala dalam keadaan normal, adapun saran dari peneliti agar dapat di jalankannya deteksi dini tersebut bagi balita dan anak prasekolah agar dapat terpantau tumbuh kembang anak di andonesia agar tercipta generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Kata kuci : Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita
Daftar bacaan : 20 (1995 - 2009 )
 
Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


Fans Page