Ads 468x60px

05 Januari, 2013

Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Tentang Teknik Prenatal Breastcare, Postnatal Breastcare, dan Teknik Menyusui

Air Susu Ibu  merupakan makanan terbaik untuk bayi yang tidak perlu disangsikan lagi. Dengan demikian selama kehamilan perlu dilakukan persiapan menyusui yang baik, karena bila ibu hamil tidak melakukan perawatan payudara dengan baik akan mengalami masalah pada masa awal laktasi, Sebagaimana dilaporkan 57% dari ibu menyusui di Indonesia pernah menderita kelecetan pada putingnya (Soetjiningsih, 2002) salah satu penyebabnya adalah kurangnya perawatan pada payudara ibu. Hasil prasurvey di RB Do’a Ibu Sekampung tahun 2007 menunjukkan 20% dari 23 orang ibu bersalin mengalami masalah dalam pemberian ASI, yakni tidak lancarnya pengeluaran ASI pada masa awal laktasi. Untuk itu penulis melakukan penelitian mengenai pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang teknik prenatal breastcare, postnatal breastcare dan teknik menyusui di RB Do’a Ibu Sekampung Lampung Timur 2007.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang teknik pre natal breastcare, post natal breastcare dan teknik menyusui di RB Doa Ibu Sekampung.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yang menjadi populasi adalah ibu hamil yang memeriksakan kehamilan di RB Doa Ibu Sekampung berjumlah 173 orang dengan sampel penelitian 20% dari populasi berjumlah 34 orang ibu hamil. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar kuesioner yang secara langsung diberikan kepada subyek penelitian yakni ibu-ibu hamil yang memeriksakan kehamilan  di RB Do’a Ibu Sekampung. Hasil analisa memperlihatkan  bahwa pengetahuan ibu hamil tentang teknik prenatal breastcare, postnatal breastcare dan teknik menyusui berpengetahuan cukup dengan presentase 52,94% dan 53% bersikap tidak mendukung.
Hasil penelitian mengenai pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang teknik prenatal breastcare terbanyak berkategori cukup dengan presentase 47,06%, postnatal breastcare terbanyak berkategori kurang dengan presentase 52,94%, sedangkan untuk teknik menyusui terbanyak berkategori cukup dengan presentase 44,12%. Kemudian mengenai sikap responden terhadap prenatal breastcare terbanyak berkategori tidak mendukung dengan presentasi 77%, untuk postnatal breastcare terbanyak berkategori mendukung dengan presentasi 79%, sedangkan teknik menyusui terbanyak berkategori tidak mendukung dengan presentase 56%.
Kesimpulan dari hasil penelitian pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang teknik pre natal breastcare, post natal breastcare dan teknik menyusui di RB Doa Ibu Sekampung yaitu pengetahuan berkategori cukup (52,94%), sedangkan sikap berkategori tidak mendukung (53%).

Kata Kunci    :Pengetahuan, Sikap, Ibu Hamil, Prenatal Breastcare, Postnatal Breastcare, Teknik Menyusui.

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page