Ads 468x60px

04 Januari, 2013

Pengetahuan dan Sikap Akseptor KB Pil Tentang Efek Samping Pil Oral Kombinasi (POK)

Pil  KB adalah kontrasepsi yang digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan, mengandung hormon estrogen dan progesteron (pil KB kombinasi) atau hanya mengandung progesteron saja (minipil) pil KB merupakan salah satu metode kontrasepsi yang efektif, terpilih, banyak jumlah penggunanya dan telah tersedia diseluruh tempat pelayanan kesehatan yang dengan bermacam – macam jenis pil KB kombinasi, akan tetapi pada kontrasepsi POK mempunyai efek samping seperti perubahan pola haid, kenaikan berat badan, mual, hipertensi, sakit kepala, payudara terasa penuh, keputihan dan kegagalan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap akseptor KB pil oral kombinasi tentang efek samping dari penggunaan kontrasepsi pil oral kombinasi.
Subyek penelitian adalah akseptor KB Pil di Kelurahan Karangrejo  Metro Utara tahun 2004. Obyek penelitian adalah pengetahuan dan sikap akseptor pil. Besarnya sampel penelitian adalah 34 responden pengambilan sampel dengan menggunakan tehnik simple random sampling.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dilakukan dengan tehnik penelitian deskriptif survey dan analisis univariate alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, pertanyaan untuk variabel pengetahuan berjumlah 10 pertanyaan dan untuk variabel sikap berjumlah 10 pertanyaan skala pengukurannya adalah interval.
Hasil penelitian didapatkan bahwa pengetahuan akseptor KB Pil di Kelurahan Karangrejo adalah cukup yaitu sebanyak 27 responden (79,41%) sedangkan untuk sikap tidak mendukung (unfavorable) yaitu sebanyak 15 responden (55,88%). Tingkat pendidikan SD sebanyak 28 responden (82,35%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan akseptor KB Pil di Kelurahan Karangrejo adalah cukup dan sikap tidak mendukung. Hal ini disebabkan karena sebagian besar akseptor berpendidikan rendah dan kurangnya informasi tentang efek samping POK.

Kata Kunci : Pengetahuan dan Sikap Tentang Efek Samping POK

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA



Fans Page