Ads 468x60px

05 Januari, 2013

Pengetahuan Dan Sikap Ibu Hamil Tentang Tablet Tambah Darah (Fe) Dalam Mencegah Anemia Kehamilan

Anemia defisiensi besi merupakan masalah gizi paling lazim didunia. Perkiraan prevalensi anemia secara global sekitar 51%. Suplementasi pemberian tablet tambah darah merupakan salah satu program penanggulangan anemia. Program pemberian tablet tambah darah pada ibu hamil kurang menunjukkan hasil yang nyata. Penyebabnya adalah sasaran tidak terjangkau oleh program, efek samping yag ditimbulkan, dan kelalaian. Dampak yang ditimbulkan dapat menyebabkan komplikasi pada kehamilan, persalinan, dan nifas. Hasil prasurvey pada tahun 2007 di BPS Suyatun, dari 35 orang bu hamil terdapat 4 orang atau 11,76% ibu yang menderita anemia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang tablet tambah darah (Fe) dalam mencegah anemia kehamilan di BPS Suyatun Pakuan Aji Lampung Timur tahun 2008. Subjek penelitian ini adalah ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di BPS Suyatun. Objek penelitian ini adalah pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang tablet tambah darah (Fe).
Rancangan penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi yang digunakan adalah ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya pada saat penelitian. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling, dengan jumlah responden 25 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dengan alat ukur kuesioner, teknik analisa menggunakan persentase dan skala ukur ordinal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan ibu tentang tablet tambah darah (Fe) didapatkan kategori baik sebesar 16%, kategori cukup sebesar  60%, kategori kurang sebesar 24%. Sedangkan hasil sikap ibu tentang tablet tambah darah (Fe) dalam mencegah anemia kehamilan didapatkan sikap mendukung (positif) sebesar 56% dan sikap tidak mendukung (negatif) sebesar 44%.
Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan ibu tentang tablet tambah darah (Fe) dalam mencegah anemia kehamilan secara keseluruhan dikategorikan cukup 60%, sedangkan sikap ibu dikategorikan mendukung (positif) 56%.

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Tablet Tambah Darah, Anemia 

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page