Ads 468x60px

05 Januari, 2013

Pengetahun Dan Sikap Ibu Tentang Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) Pada Bayi Usia 6-24 Bulan

Pemberian makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) yang terlalu dini akan menurunkan konsumsi dan gangguan pencernaan, sehingga akibat pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) semakin dini akan mengakibatkan gangguan kesehatan seperti diare, obesitas, dan alergi. Hasil pra survei pada bulan April 2009 di Desa Astomulyo Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah didapatkan data pemberian makanan pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) pada bayi usia 6-24 bulan belum sesuai dengan pola pemberiannya sekitar 51,14% dan pada bayi usia 6 bulan yang sudah diberikan makanan pendamping ASI sekitar 42,85%.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap ibu tentang Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) pada bayi usia 6–24 bulan di Desa Astomulyo. 
Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggambarkan pengetahuan dan sikap ibu tentang pemberian makanan pendamping Air Susu Ibu (MP–ASI) pada bayi usia 6–24 bulan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki bayi usia 6-24 bulan yaitu berjumlah 170 ibu. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah pengambilan sampel secara acak sederhana. Besar sampel dihitung berdasarkan tabel krecjie dengan tingkat kesalahan 5% dan didapatkan sampel sebesar 118 responden. Alat ukur dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat dalam bentuk distribusi frekuensi dan persentase.
Hasil  penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan ibu tentang pemberian makanan pendamping Air Susu Ibu (MP–ASI) pada usia 6–24 bulan kategori baik dan responden (4,23%), kategori cukup 49 (41,54%), kategori kurang 59 responden (50%) dan kategori tidak baik 5 responden (4,23%). Sedangkan kategori sikap ibu tentang pemberian makanan Pendamping Air Susu (MP–ASI) pada bayi usia 6 – 24 bulan didapatkan hasil 55 responden (46,62%) mendukung dan 63 responden (53,38%) tidak mendukung.
Kesimpulan penelitian ini bahwa pengetahuan ibu secara keseluruhan termasuk dalam kategori kurang baik dan kategori sikap ibu sebagian besar tidak mendukung. Dengan demikian diharapkan bagi ibu agar dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang MP–ASI dengan cara rajin mengikuti penyuluhan–penyuluhan tentang kesehatan gizi bayi.

Kata Kunci          : Pengetahuan, Sikap,  Air Susu Ibu 
Daftar Bacaan      : 22 (1995–2009)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


Fans Page