Ads 468x60px

05 Januari, 2013

Pengetahuan dan Sikap Remaja Awal Tentang Perubahan Fisiologis Pada Masa Pubertas

Remaja merupakan salah satu tahap dalam kehidupan manusia yang sangat kritis karena merupakan tahap transisi dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Pada tahap ini seringkali remaja tidak menyadari bahwa tahap perkembangan sudah dimulai,namun yang pasti setiap laki-laki maupun perempuan akan menjalani suatu perubahan baik fisik,psikologis maupun seksualitas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana tingkat pengetahuan dan sikap remaja awal umur 12-15 tahun baik laki-laki maupun perempuan tentang perubahan fisiologis baik fisik,psikologis maupun seksualitas yang terjadi pada masa pubertas di SLTPN 3 Metro. Populasi penelitian ini adalah siswa SLTPN 3 Metro sebanyak 850 siswa dan pengambilan sampel diambil dengan cara acak sederhana 10% dari populasi,yaitu sebanyak 85 siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan alat pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan pengukuran variabel dengan skala interval, yaitu untuk variabel pengetahuan dengan klasifikasi baik, cukup, kurang baik dan tidak baik. Sedangkan untuk variabel sikap dengan skala interval, data diolah dengan menggunakan rumus score T, untuk menentukan kategori sikap positif dan sikap negatif.
Hasil penelitian didapatkan bahwa kemampuan menjawab responden secara keseluruhan berdasarkan pengetahuan remaja awal tentang perubahan fisiologis pada masa pubertas  yaitu sebesar 75,48% atau termasuk katagori cukup, sedangkan sikap responden yang tidak mendukung atau sikap negatif  tentang perubahan fisiologis pada masa pubertas sebesar 52,9%.

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap Remaja Awal, Masa Pubertas 

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page