Ads 468x60px

04 Januari, 2013

Kecemasan Terhadap Perubahan Fisik Wanita Usia 45-55 Tahun Dalam Menghadapi Menopause

Perubahan fisik pada masa menopause merupakan hal yang normal yang dialami oleh setiap wanita. Hal ini disebabkan karena menurunnya produksi hormon estrogen dan progesteron yang menyebabkan berbagai macam perubahan-perubahan baik fisik maupun psikis, serta berbagai macam keluhan pada ibu. Walapun peristiwa ini terjadi secara alami pada siklus kehidupan wanita, penerimaan tiap-tiap individu berbeda dalam menghadapi perubahan-perubahan fisik pada masa menopause. Setiap individu ada yang menanggapi perubahan ini biasa saja, ada yang merasa takut, cemas, bahkan depresi. Kecemasan yang dialami oleh ibu kebanyakan dikarenakan pengetahuan yang kurang tentang adanya perubahan-perubahan yang terjadi pada saat menopause.
Penelitian ini bertujuan diketahuinya kecemasan ibu terhadap perubahan fisik ditinjau dari ketidakteraturan siklus haid, gelora panas dan berkeringat, kekeringan vagina, perubahan kulit dan kerapuhan tulang yang terjadi pada masa menopause, di Lingkungan V Kelurahan Iringmulyo Kecamatan Metro Timur. Penelitian ini bersifat deskriptif dimana hasil penelitian yang menyajikan gambaran tentang kecemasan ibu terhadap perubahan-perubahan fisik yang dialaminya dalam menghadapi menopause, di Lingkungan V Kelurahan Iringmulyo Kecamatan Metro Timur. Populasi penelitiannya sebanyak 146 orang dimana pengambilan sampel menggunakan metode acak sederhana yaitu 25% dari jumlah populasi 146 orang yaitu sebanyak 36 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wanita usia 45-55 tahun yang mengalami : kecemasan terhadap perubahan fisik ditinjau dari ketidak teraturan siklus haid sebanyak 61,1%, kecemasan terhadap perubaan fisik ditinjau dari gelora panas dan berkeringat sebanyak 55,6%, kecemasan terhadap perubahan fisik ditinjau dari kekeringan vagina sebanyak 58,3%, kecemasan terhadap perubahan fisik ditinjau dari perubahan kulit sebanyak 72,2% dan kecemasan terhadap perubahan fisik ditinjau dari kerapuhan tulang sebanyak 58,3%. Dari kelima perubahan fisik tersebut ternyata didapatkan wanita usia 45-55 tahun banyak mengalami kecemasan yang ditinjau dari perubahan kulit.

Kata Kunci : Kecemasan, Perubahan Fisik, Menopause, Usia 45-55 tahun 

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page