Ads 468x60px

05 Januari, 2013

Pengetahuan dan Sikap Ibu Post Seksio Sesarea tentang Mobilisasi Dini

Mobilisasi dini merupakan salah satu hal penting dalam periode pascabedah, dalam hal ini post seksio sesarea. Mobilisasi dini dilakukan untuk mengurangi terjadi  komplikasi pascabedah. Rumah Bersalin Puti Bungsu Bandar Jaya memiliki angka yang cukup tinggi untuk seksio sesarea yaitu 45 orang dari 320 persalinan dalam tahun 2004 dan dari 45 ibu post seksio sesarea  dengan anestesi spinal 100% baru melakukan mobilisasi dini (miring kekanan dan kekiri) setelah 24 jam pascabedah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang pengetahuan dan sikap ibu post seksio sesarea tentang mobilisasi dini dengan melihat karakteristik responden dilihat dari tingkat pendidikan dan paritas. Subjek penelitian adalah ibu post seksio sesarea. Populasi dalam penelitian ini ibu post seksio sesarea pada bulan Mei – Juni 2004. besarnya sampel penelitian ini adalah 5 ibu post seksio sesarea dan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Pengukuran variabel pengetahuan dengan skala ordinal dengan 20 pernyataan dan variabel sikap dengan menggunakan skala ordinal dengan 10 pernyataan. Pengolahan dan analisa data dalam penelitian ini dilakukan secara manual dengan menggunakan rumus menurut Arikunto (1998 : 246) untuk variabel pengetahuan dan rumus menurut Azwar (1995 : 156) untuk variabel sikap.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh tingkat pendidikan dan paritas terhadap pengetahuan dan sikap ibu post seksio sesarea. Hasil yang diperoleh yaitu pengetahun ibu post seksio sesarea dalam kategori cukup (71%) sebanyak 5 orang dan sikap ibu post seksio sesarea secara keseluruhan bersikap mendukung (Skor T > 50) sebanyak 5 orang.

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Mobilisasi Dini  

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page