Ads 468x60px

04 Januari, 2013

Karakteristik Efek Samping Alat Kontrasepsi Suntik

Pelayanan kontrasepsi merupakan salah satu pelayanan Keluarga Berencana. Diharapkan pasangan usia subur mengikuti gerakan KB secara dini dan lestari, disemua jenis metode kontrasepsi yang telah tersedia diseluruh tempat pelayanan KB yang sangat mudah dijangkau oleh masyarakat kecuali kontrasepsi mantap. Berdasarkan data prasurvey di Desa Rejosari Kecamatan Kota Bumi Kabupaten Lampung Utara di dapatkan data akseptor KB dengan jumlah PUS 380 dan yang mengikuti KB dengan berbagai macam cara, berjumlah 321 akseptor, dari 32 presentasi yang menggunakan akseptor suntik 99 pasangan dan yang mengalami efek samping 69 pasangan atau 61,60%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik efek samping kontrasepsi suntik yang akan ditinjau dari efeksamping gangguan haid, penambahan berat badan, sakit kepala, dan peningkatan tekanan darah, di Desa Rejosari Kecamatan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara.
Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat diskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan langsung dengan menggunakan teknik kuesioner yang terstruktur kepada responden yang menjadi sampel ibu – ibu yang menggunakan kontrasepsi suntik yaitu 69 akseptor.
Subyek dari penelitian ini adalah para ibu yang menggunakan kontrasepsi suntik, di Desa Rejosari Kecamatan Kota Bumi Kabupaten Lampung Utara. Sedangkan populasinya adalah akseptor KB suntik dengan jumlah 69 orang.
Dari penelitian yang telah dilakukan, maka didapatkan hasil bahwa katagori efek samping kontrasepsi suntik, yang mengalami gangguan haid 100% dan yang mengalami peningkatan berat badan 49,27% yang mengalami sakit kepala 26,88% dan yang mengalami kenaikan tekanan darah 8,69%.

Kata Kunci : Karakteristik, Efek Samping Kontrasepsi Suntik 

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page