Ads 468x60px

05 Januari, 2013

Pengetahuan dan Sikap Petugas Pelaksana Penanganan Penderita NAPZA Tentang Penatalaksanaan NAPZA

Penggunaan Narkotika, Alkohol, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA) meningkat sangat cepat di masyarakat Indonesia terutama kota – kota besar. Permasalahan penyalahgunaan dan ketergantungan NAPZA mempunyai dimensi yang luas dan kompleks baik dari sudut medik, psikiatrik, kesehatan jiwa maupun psikososial. Pecandu NAPZA wajib menjalani pengobatan dan atau perawatan baik medis maupun non medis tetapi dalam kenyataannya tingkat keberhasilan dalam penanganan kasus penyalahgunaan dan ketergantungan NAPZA secara medik tidak optimal. Oleh karena itu penulis mengadakan penelitian mengenai pengetahuan dan sikap petugas pelaksana penanganan penderita NAPZA tentang penatalaksanaan NAPZA di Panti Rehabilitasi Pamardi Putra Bandar Lampung.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang pengetahuan dan sikap petugas pelaksana penanganan penderita NAPZA tentang penatalaksanaan NAPZA di Panti Rehabilitasi Pamardi Putra Bandar Lampung. Subjek penelitian adalah para petugas pelaksana penanganan penderita NAPZA. Besarnya sampel penelitian ini adalah 10 responden dan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, analisa bivariat, alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Pada pertanyaan untuk variabel pengetahuan menggunakan skala interval dengan 30 pertanyaan dan untuk variabel sikap menggunakan skala interval dengan 20 pertanyaan.
Hasil penelitian tentang pengetahuan petugas pelaksana penanganan penderita NAPZA tentang penatalaksana NAPZA termasuk kategori cukup yaitu 72,33% dan sikap petugas pelaksana penanganan penderita NAPZA tentang penatalaksanaan NAPZA yaitu tidak mendukung (negatif) sebanyak 6 responden (60%). Hal ini menunjukkan bahwa petugas pelaksana penanganan penderita NAPZA telah memahami tetapi tidak dikembangkan dalam sikap yang baik (mendukung) dan pengetahuan tersebut hanya berhenti pada tahapan kognitif (hanya sekedar untuk pengetahuan)

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Penatalaksanaan NAPZA

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page