Ads 468x60px

05 Januari, 2013

Pengetahuan dan Sikap Ibu Multi Gravida Tentang Anemia

Angka anemia pada ibu hamil di Indonesia menunjukkan nilai yang cukup tinggi, dengan angka 63,5% di Lampung berkisar 70% dan di Lampung Tengah 83,33% ibu hamil menderita kekurangan zat besi. Adanya anemia pada kehamilan, mengakibatkan mudah terjadinya perdarahan, yang menjadi penyebab langsung kematian ibu sebesar 30-35%, dengan kejadian 65-75% terjadi saat persalinan terutama di daerah pedesaan. Anemia yang terjadi pada ibu hamil pengobatannya cukup mudah bahkan murah dengan pemberian tablet Fe minimal 90 tablet selama masa kehamilan. Di Puskesmas Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah pada bulan Oktober 2007 dari 48 ibu hamil multi gravida terdapat 87,5% (42 orang) mengalami anemia.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengetahuan dan sikap multi gravida tentang anemia di Puskesmas Seputih Banyak Lampung Tengah Tahun 2007. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah ibu hamil multi gravida yang memeriksakan kehamilannya di Puskesmas Seputih Banyak, sedangkan obyek penelitian adalah pengetahuan dan sikap ibu hamil multi gravida tentang anemia.
Populasi adalah ibu multigravida yang ada di Wilayah Puskesmas Seputih Banyak pada bulan November 2007 yaitu sejumlah 48 ibu hamil. Besarnya sampal penelitian adalah 48 orang responden dengan menggunakan sampel total atau sampel jenuh. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan skala ukur ordinal. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat dengan menggunakan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan ibu multi gravida tentang anemia pada kehamilan adalah 64,6% termasuk kategori cukup 18,8% termasuk kategori kurang dan 16,7% termasuk kategori baik, sedangkan sikap ibu multi gravida tentang anemia pada kehamilan adalah 54,2% termasuk kategori sikap tidak mendukung dan 45,8% termasuk kategori sikap mendukung.
Kesimpulan sebagian besar pengetahuan ibu multi gravida tentang anemia pada kehamilan termasuk kategori cukup dan sikap ibu multi gravida tentang anemia pada kehamilan sebagian besar termasuk kategori sikap tidak mendukung.

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Anemia Ibu Multigravida 

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page