Ads 468x60px

01 Januari, 2013

Gambaran Kadar Hemoglobin (Hb) Pada Akseptor Intra Uterine Devices (IUD)

Tingkat kematian ibu melahirkan di Indonesia tergolong tinggi dan diperkirakan paling tinggi di Asia Tenggara dengan angka rata-rata 307 per 100.000 sampai pertengahan November 2007. Hasil Survey Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) 2002-2003, AKI di Indonesia menunjukkan angka 307/100.000 kelahiran hidup (KH). Kontrasepsi adalah upaya untuk mencegah terjadinya kehamilan. Usaha keluarga berencana (penggunaan kontrasepsi) dapat digunakan untuk mencapai tujuan ini, misalnya mengurangi primi muda, grande multi atau mengatur jarak antara dua kehamilan. Penggunaan AKDR merupakan salah satu usaha manusia untuk menekan kesuburan sejak berabad-abad yang lampau. Kemungkinan sekitar 60 persen wanita usia produktif di Indonesia mengidap penyakit anemia. Menurut beberapa hasil penelitian di dunia 1 diantara 6 orang mengalami anemia. Efek samping yang ringan dari AKDR adalah perdarahan di luar haid (spotting) dan darah haid lebih banyak (menoragia) sehingga hal ini kemungkinan dapat menyebabkan terjadinya penurunan kadar hemoglobin (Hb).
Studi penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan analisis kuantitatif. Besar sampel 50 akseptor IUD di wilayah kerja Puskesmas Sumbersari Bantul Metro Selatan yang dipilih secara acak sistematis. Pengukuran kadar Hb menggunakan haemometer Sahli.
Hasil analisa memperlihatkan adanya ____ akseptor IUD mengalami anemia. Dapat diketahui dari hasil pemeriksaan Hb dengan kadar di bawah 11g%. Hal ini diakibatkan dari efek samping IUD hádala perdarahan di luar haid (spotting) dan darah haid lebih banyak (menoragia) sehingga hal ini dapat menyebabkan terjadinya penurunan kadar Hb dikaitkan dengan kejadian anemia. Hasil analisa data tersebut masih didukung dengan data yang didapat melalui quesioner penelitian untuk melihat karakeristik akseptor IUD itu sendiri.    

Kata kunci : Kadar Hemoglobin (Hb), Akseptor IUD

 
Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


Fans Page