Ads 468x60px

05 Januari, 2013

Pengetahuan Bidan Tentang Penanggulangan Nyeri Persalinan Non Farmakologis

Nyeri merupakan bagian integral dari persalinan dan melahirkan (Melzack, 1984 dalam Rosemary Mander, 2004) ini berarti setiap persalinan dan melahirkan pasti disertai nyeri, sehingga tidak jarang nyeri persalinan menyebabkan meningkatnya rasa takut atau cemas pada ibu. Dampak dari rasa kecemasan ibu tersebut dikenal dengan “respon melawan atau menghindar (Fight or Flight),” yang akan menyebabkan penurunan aliran darah ke rahimn, penurunan kontraksi rahim peningkatan waktu lamanya kala I, sedangkan pada janin menyebabkan penurunan aliran darah ke plasenta, penurunan oksigen serta DJJ (Penny Simkin dan Ruth Ancheta, 2005).. Berdasarkan hasil pengamatan  peneliti para bidan di wilayah kerja Puskesmas Dayamurni Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang, pada saat menolong persalinan hanya menggunakan teknik pernafasan, dukungan persalinan dan relaksasi dalam mengurangi nyeri persalinan, padahal masih terdapat metode penanggulangan nyeri lainnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan bidan tentang penanggulangan nyeri persalinan non farmakologis di wilayah kerja Puskesmas Dayamurni Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif. Subjek penelitian ini adalah bidan yang bertugas di wilayah kerja Puskesmas Dayamurni dengan latar pendidikan DI Kebidanan dengan jumlah 8 orang dan objek yang akan diteliti adalah pengetahuan bidan tentang penanggulangan nyeri persalinan dengan menggunakan metode kompres panas,kompres dingin,penekanan pada lutut (knee Press) serta tehnik pernafasan.  Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dengan alat ukur kuesioner. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis univariat, persentase pada masing masing variabel di dapat dari penghitungan jumlah jawaban yang benar dibagi dengan jumlah seluruh pernyataan dikali seratus persen.
Hasil penelitian disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi yang menunjukkan pengetahuan bidan tentang metode kompres panas cukup (67,2%), pengetahuan bidan tentang metode kompres dingin baik (83,9%), pengetahuan bidan tentang metode penekanan pada lutut cukup (66,1%) dan pengetahuan bidan tentang metode pernafasan baik (79,7%).
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan pengetahuan bidan tentang penanggulangan nyeri persalinan secara non farmakologis berada pada kategori cukup dengan persentase 74,2%.

Kata Kunci : Pengetahuan, Bidan , nyeri persalinan

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Fans Page