Ads 468x60px

05 Januari, 2013

Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Hepatitis

Penyakit infeksi Hepatitis B terutama dalam bentuknya yag kronis belum ada pengobatan yang memuaskan.  Oleh karena itu sebaikn ya perhatian difokuskan kepada usaha pencegahan sedini mungkin.  Hal tersebut yang memacu pemerintah untuk segera mengintegrasikan imunisasi Hepatitis B ke dalam program imunisasi rutin  secara nasioal. Di Kabupaten Lampung Tengah  pencapain imunisasi Hepatitis B  tahun 2003 hanya mencapai 63%, di Kampung Terbanggi Subing Kabupaten Lampung Tengah tahun 2003 hanya mencapai 64,6% sedangka target yang di harapkan adalah 80%.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar gambaran pengetahuan ibu yang mempunyai bayi usia 0 – 11 bulan tentang imunisasi Hepatitis.B.
Subyek penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai bayi 0-11 bulan yang berkunjung di posyandu Kampung terbanggi Subing wilayah kerja Puskesmas Terbanggi Subing Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode langsung terhadap obyek yang akan di teliti.  Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner.  Analisis data yang digunakan adalah secara univariat yaitu analisis data yang mendeskripsikan atau menggambarkan data tersebut  dalam bentuk  prosentase dengan rumus :
Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah 8,6% berpengetahuan baik, 62,9% berpengetahuan cukup, 25,7% berpengetahuan kurang, 2,8% berpengetahuan kurang sekali terhadap pengetahuan tentang imunisasi Hepatitis.B.
Dapat disimpulkan bahwa pengetahuan ibu tentang imunisasi Hepatitis.B sebagian besar dalam kategori cukup (62,9%).  Saran bagi responden (sasaran) agar lebih aktif mengikuti penyuluhan tentang imunisasi khususnya imunisasi Hepatitis.B bagi puskesmas atau petugas kesehatan meningkatkan pelayanan dan meningkatkan penyuluhan tentang imunisasi.  Bagi peneliti sebagai saran untuk meningkatkan ilmu dan mengamalkan ilmu yang telah didapat di bangku kuliah serta referensi bagi penelitian sejenis.

Kata Kunci :     Pengetahuan Ibu, Imunisasi Hepatitis.B, Posyandu Kampung Terbanggi Subing.

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


Fans Page